Kamis, 27 Desember 2012

Cara Alami Atasi Sakit Kepala



Ugh..... sakit kepala lagi! Apakah tidak khawatir terlalu sering mengkonsumsi obat warung jika mengalami keluhan sakit kepala? Jika kita tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan kemudian hari,  bisa jadi itu disebabkan oleh obat sakit kepala yang sering kita konsumsi.Padahal pemicu timbulnya sakit kepala bisa dari mana saja. Terlalu lama duduk didepan komputer atau berlama di ruang ber AC, syaraf tegang, badan kecapean atau stres bisa saja membuat anda sakit kepala. Untuk menghindari rusaknya jaringan kesehatan kita, ada baiknya kita mengurangi mengkonsumsi obat-obat sakit kepala dan mencoba mengatasinya dengan cara alami. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan, diantaranya seperti dibawah ini:


1. Mungkin kita terlalu tegang. Sakit kepala bisa disebabkan letak leher tidak benar yang menyebabkan pegal. Cobalah kompres dahi dan leher bagian belakang kita dengan kain hangat. Bisa juga kompreskan kain tersebut kebagian kepala yang terasa sakit. Rasa hangat yang dihantarkan oleh kompres bisa membantu mengendurkan ketegangan.

2. Kebiasaan minum teh ada baiknya. Namun kandungan kafein yang dibawa oleh teh dan kopi bisa menjadi pemicu munculnya sakit kepala. Ada baiknya mengurangi jumlah teh dan kopi yang dikonsumsi tiap harinya.

3. Coba lakukan pemijatan syaraf. Pijat telapak tangan, khususnya dibagian tengah jari telunjuk dan ibu jari. Pijat secara perlahan dan cobalah untuk relaks.

4. Dehidrasi mendatangkan sakit kepala. Terkadang dehidrasi bisa menjadi tolak pengukur sakit kepala. Usahakan untuk menjaga kadar air dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih. Setiap harinya tubuh kita setidaknya memerlukan 8 gelas air putih. Sudahkah menjalankannya dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi? Ketika sakit kepala telah menyerang, minumlah air putih hangat untuk mengurangi rasa sakit.

5. Jika langganan sakit kepala, ada baiknya meminum suplemen makanan. Usahakan suplemen tersebut mengandung kalsium dan magnesium. Jika kebutuhan kalsium dan magnesium sudah tercukupi, dijamin ketegangan otot akan berkurang.

6. Meditasi dapat membantu mengatasi ketegangan otot dan syaraf, sehingga rasa sakit kepala dapat dikendalikan. Untuk menguasai teknik meditasi yang baik tentunya harus banyak berlatih. Saat mengisi waktu istirahat, usahakan juga mengistirahatkan pikiran.

7. Posisi duduk saat melakukan pekerjaan atau sedang asyik didepan komputer bisa saja menjadi penyebab sakit kepala. Perbaiki posisi duduk. Usahakan jangan menempatkan punggung di posisi yang rendah. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala pada bagian lain seperti otot leher dah bahu yang menegang dan membantu prosesnya terjadi sakit kepala.

8. Gunakan aroma terapi untuk relaksasi. Setelah menyelesaikan semua pekerjaan, ada baiknya berendam di air hangat dengan menggunakan aroma chamomile atau lavender. Meletakkan aroma terapi dikamar tidur juga bisa mengurangi ketegangan setelah menghadapi semua kesibukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pasang Sumbernya : http://aneka-info05.blogspot.com//