Jumat, 28 Desember 2012

Lindungi File Dalam Flash Disk

            Tak ingin tugas kuliah atau dokumen-dokumen pribadi dalam USB flash disk dibaca oleh orang lain? Lindungi dengan enkripsi.

            Dengan di enkripsi, password akan diminta sebelum file dibuka. Orang yang tidak tahu passwordnya, tak bakal berhasil baca isi file kamu.

            Fitur enkripsi BitLocker di  Windows 7 bisa dipakai untuk melindungi USB flash disk. Fitur untuk mengenkripsi isi USB flash disk inilah fitur baru BitLocker . BitLocker To Go, begitu nama fiturnya. Selain flash disk, BitLocker To Go juga bisa mengenkripsi isi hard disk eksternal dan kartu memori.

            Jangan bayangkan langkah-langkah yang rumit untuk membuat keamanan yang rumit ini. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan BitLocker To Go pada Windows 7.
  1. Buka Control Panel, klik System and Securiity di menu sebelah kiri. Kemudian klik "BitLocker Drive Encription".
  2. Muncul jendela BitLocker Drive Encription. BitLockersecara otomatis mendeteksi seluruh drive dan perangkat lepas alias removable disk yang tercolok PC. Untuk mengenkripsi sebuah USB Flash Disk, pilih "BitLockerTo Go".
  3. Selanjutnya muncullah jendela metoode yang digunakan untuk membuka file yang di enkripsi. ada dua pilihan, password atau smart card. Kita pilih password dengan memberi tanda centang pada "Use a password to unlock the drive". Kemudian masukkan password minimal 8 karakter lalu klik "Next".
  4. Muncul jendela untuk mengatur Recovery Key, sebuah key yang berguna jika kamu lupa password. Karena Recovery Key bisa digunakan untuk membuka data, simpan Recovery Key ditempat yang aman, didalam folder tersembunyi didalam hard disk, misalnya.Selain itu kamu juga bisa mencetaknya. Pilih "Save the Recovery key to file".
  5. Simpan Recovery Key ditempat yang aman, jangan sampai orang lain tahu. Klik "Next".
  6. Selanjutnya akan muncul halaman informasi. Langsung saja klik "Start Encrypting".
  7. Proses enkripsi akan berjalan. Tunggu hingga proses ini selesai. Lama proses enkripsi tergantung dari besar kecilnya USB flash disk. Semakin besar kapasitas USB flash disk, semakin lama proses enkripsinya.
  8. Setelah proses enkripsi selesai, coba cabut USB flash disk kamu. Tancapkan kembali. Otomatis muncul jendela untuk memasukkan sebuah password. Setelah Password dimasukkan, klik "Unlock".
            BitLocker punya keuntungan pula kalau diterapkan dikomputer, notebook, netbook, atau bahkan PC. Siapa tahu, komputer, USB flash disk, atau hard disk eksternal kamu hilang? kamu tak ingin agar si pencuri melihat data pribadi, bukan?

            Dengan mengenkripsi data dalam hard disk baik internal maupun eksternal atau USB flash disk, si pencuri tidak bisa mengambil, Tapi kalau hardwarenya sih pasrahkan aja. Paling tidak, kamu tidak jadi rugi 2 kali hilang materi, hilang file penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pasang Sumbernya : http://aneka-info05.blogspot.com//