Kamis, 27 Desember 2012

Cara Mencegah Influenza Dengan YOGA



 Hai sobat blogger...... di musim penghujan ini pastinya banyak yang terkena flu, karena tubuh kita tak cukup kuat untuk menerima perubahan cuaca yang begitu cepat. Kali ini saya punya cara jitu mencengah agar kita terhindar dari flu, tak perlu dengan obat-obatan yang mahal cukup dengan YOGA yang kita bisa lakukan dirumah. Yuk kita intip gimana cara melakukannya :
1. Adhomukha Svanasana
 

   Adhomukha Svanasana (downward-facing dog) ini bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi ke jantung dan paru-paru, menenangkan pikiran dan secara perlahan akan memberi tenaga ke seluruh tubuh.
  
Cara Melakukan :
- Ambil posisi berdiri, lalu bungkukkan dan tangan direntangkan ke lantai.
- Posisikan kepala di atas guling.
- Kaki sejajar dengan telapak, lebarkan jari-jari dan tekan ke lantai.
- Tahan siku agar tetap lurus, panjangkan tulang belakang ke arah atas.
- Tahan kaki tetap lurus dan tekan tumit ke lantai.
- Pertahankan posisi ini antara 1-5 menit.

2. Utthita Trikonasana

 Pose ini bermanfaat untuk memberi tenaga ke seluruh tubuh,melapangkan dada sehingga pernapasan lancar, dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Cara Melakukan :
- Ambil posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar, tangan direntangkan.
- Tarik napas, regangkan tubuh ke arah kiri dan ulurkan tangan kiri, letakkan di atas kursi (untuk pemula) atau jika mampu ulurkan tangan sampai menyentuh bagian bawah tulang, dekat pergelangan kaki/engkel.
- Letakan tangan kiri ke pinggul, dengan siku ditekuk.
- Lalu putar dada dan pinggul sampai wajah menatap arah langit-langit.   
- Masih dalam posisi tersebut, kemudian angkat tangan kiri ke atas sejajar dengan bahu.  Tahan posisi ini 20 detik-1 menit.
- Ulangi gerakan ini dengan arah berlawanan.

3. Bharadvajasana Chair

   Pose ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena gerakannya bermanfaat melancarkan sirkulasi di dalam dan di sekitar abdomen, ginjal, hati, dan empedu.

Cara Melakukan :
- Duduk dikursi dengan kedua kaki ditekuk ke arah kiri, kedua lutut rapat.
- Tarik napas dan putar badan ke kiri. Letakkan kedua tangan pada sandaran kursi dengan posisi tangan kanan disamping belakang bokong dan tangan kiri sejajar paha.
- Tarik napas, tegakkan tulang belakang. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali.
- Lakukan gerakan yang sama ke arah yang berlawanan.

4. Supta Baddhakonasana

Manfaat yang diperoleh adalah memperlancar pernapasan dan sirkulasi dengan melapangkan dada, dan menenagkan saraf. Meredakan stres.

Cara Melakukan :
- Posisi duduk, kedua telapak kaki disatukan, lalu buka kedua lutut ke samping.
- Letakkan guling di belakang tubuh dalam posisi tegak lurus tubuh dan kemudian letakkan selimut yang sudah terlipat di atas guling.
- Kemudian rebahkan punggung di atas guling dan kepala di atas selimut. Letakkan kepala lebih tinggi.
- Lengan ditaruh di lantai dengan telapak tangan menghadap ke atas, dada dibuka lebar. Tutup mata dan rileks. Tahan pose ini 5-10 menit.

5. Viparita Karani

Manfaat yang didapatkan antara lain dapat menenangkan saraf, menyeimbangkan sistem endokrin, menghilangkan kelelahan, dan memberikan relaksasi pada tubuh.

Cara Melakukan :
- Letakkan beberapa lipatan selimut merapat ke dinding. Lalu duduklah di atas lipatan selimut tersebut dengan posisi badan menyamping menempel ke dinding. Kedua kaki ditekuk, kedua tangan disamping belakang.
- Kemudian angkat kedua kaki sambil putar dan rebahkan tubuh sampai kedua kaki tegak lurus rapat ke dinding.
- Pinggang berada di atas tumpukan selimut, kepala dan bahu berada di lantai. Kedua tangan diletakkan di samping kepala dengan posisi ditekuk dengan sudut 90 derajat, telapak tangan terbuka ke arah atas. Tetap pada posisi ini 5-10 menit.



Selamat Mencoba............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pasang Sumbernya : http://aneka-info05.blogspot.com//