Jumat, 28 Desember 2012

Menyulap Dokumen Word Jadi Gambar

          Merubah dokumen word menjadi pdf? mungkin bagi yang biasa megang komputer sudah tidak asing lagi, hampir semua bisa . Namun jika file word jadi gambar atau format jpg? jangankan membuatnya, melihatnya saja belum pernah.... gimana sih membuat file word yang berformat doc bisa menjadi jpg? inilah kemajuan jaman..... penasaran gimana cara bikinnya? yaudah langsung aja, berikut caranya :
  1. Pertama-tama, kamu membutuhkan sebuah utiliti tambahan , salah satunya bernama Universal Document Converter. Silahkan ambil dari sini. Versi gratisnya bisa kamu gunakan dengan syarat, nantinya didokumen keluaran akan ada watermark.
  2. Setelah download, instalasikan seperti biasa layaknya kamu menginstal software pada umumnya sampai selesai.
  3. Berikutnya buka dokumen teks yang ingin kamu jadikan sebagai dokumen gambar dengan microsoft word. Setelah itu, klik "File" lalu "Print".
  4. Pilih "Universal Document Converter" dari daftar nama printer. Setelah itu, tekan tombol "Properties" disebelah kanan.
  5. Di jendela "Universal Document Converter Properties", klik "Load Settings..." disebelah kiri.
  6. Pada kotak dialog "Open", pilih opsi "Text document to PDF.xml", lalu klik "Open".
  7. Di bagian "File Format ", pilih opsi "JPEG image", lalu klik "OK" untuk menutup jendela "Universal Document Converter Properties".
  8. Klik "OK" pada kotak dialog "Print" milik Microsoft Word untuk memulai konversi. Beri nama file keluaran nantinya.lalu klik "Save". Proses rendering akan langsung berjalan. Indikatornya ada disudut kanan bawah layar.
  9. Saat file JPEG-nya sudah siap, jika kamu tidak memindahkan hasil keluaran, secara default dia akan disimpan difolder "My Documents\UDC Output Files".
  10. Dokumen keluaran hasil konversi *.doc menjadi *.jpg tersebut akan langsung terbuka di aplikasi "Windows Picture and Fax Viewer" atau software lainnya yang ditugasi untuk membuka gambar JPEG dikomputer kamu.
          Jangan khawatir, meskipun kamu telah mengonversi file *.doc tadi jadi JPEG, file asli dari dokumen kamu itu tidak akan di utak atik. Akan tetapi, berhubungan yang kamu pakai adalah Universal Document Converter versi gratisan, dikanan bawah file JPEG keluaran akan ada watermark bawaan software tersebut. Kalau merasa terganggu, silahkan beli versi penuhnya. Tetapi, kalaupun tidak membeli, toh sekarang dokumen kamu bisa dipastikan dapat dibuka dikomputer manapun. Pasalnya hampir seluruh PC dengan sistem operasi terkini pasti bisa membuka file berformat JPEG secara otomatis tanpa perlu menginstal software tambahan. Tidak seperti file *.doc, *.dox, atau *.pdf yang butuh aplikasi khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pasang Sumbernya : http://aneka-info05.blogspot.com//